TRANSMISI otomatis kini tidak
lagi didominasi oleh kendaraan bermotor. Sebuah perusahaan bernama
Fallbrook Technologies telah meluncurkan transmisi otomatis untuk
sepeda. Hal ini bermula ketika mereka meluncurkan sistem transmisi
sepeda jenis baru yang dinamai NuVinci Continuously Variable Planetary
(CVP) N170 pada 2007 lalu. Tidak seperti pada transmisi
sepeda pada umumnya yang menganut sistem gigi derailleur, transmisi sistem gigi planet ini
terinstalasi pada bagian hub roda belakang sepeda yang disekat agar kotaran, debu dan bahan
pencemar lainnya tidak bisa masuk. Sistem transmisi gigi
planet ini menawarkan kemampuan mengubah rasio gigi, meskipun saat
sepeda tidak dijalankan. Sistem ini terus dikembangkan hingga pada
tahun lalu Fallbrook Technologies memperkenalkan model NuVinci N360.
Transmisi baru ini lebih kecil dang ringan dibanding model
N170 ditambah dengan penyajian rentang rasio yang lebih lebar. Dari
NuVinci N360 kemudian dikembangkan dan lahirlah transmisi baru yang
lebih canggih yang baru dirilis tahun ini yaitu NNuVinci Harmony.
NuVinci Harmony merupakan transmisi versi otomatis dari N360
yang dikembangkan secara khusus pada e-bike (sepeda listrik) yang
menggunakan sistem tegangan 12-48 volt. Transmisi ini secara otomatis
mengatur rasio untuk menjaga irama yang disukai oleh pengayuhnya.
Jika Anda mendaki sebuah bukit, transmisi akan bergeser ke
rasio yang lebih rendah sehingga tidak ada kesulitan lagi untuk
mengayuh pedal, layaknya seperti saat di jalan datar. Sistem
transmisi ini memiliki dua pengontrol yang terpasang di setang kemudi.
Base Controller memungkinkan pengendara memilih tiga kecepatan irama
yang terjaga secara otomatis dengan menekan sebuah tombol.
Pada dasarnya ini sudah menjadi setingan pabrik yang pada
dasarnya hanya terdiri dari tiga irama pilihan yang terdiri dari
pilihan cepat, sedang atau lambat. Sedangkan pada pengontrol kedua
yaitu Advance Controller, para pengguna dapat menemukan irama yang
tepat yang benar-benar mereka sukai dan memerintahkan sistem untuk
menjaganya. Jika para pengendara menginginkan, mereka bisa
mengganti mode transmisi ini menjadi mode manual dan memilih rasio
yang mereka inginkan. Ini serupa dengan transmisi otomatis pada mobil
generasi terkini yang memiliki juga mode manual. Perangkat
yang dikemas dalam bentuk hub roda belakang ini sendiri memiliki bobot 250 gram, dan memiliki
sistem quick-release attachment agar mudah melepas pasang roda dan
NuVinci Harmony CVP mulai digunakan pada e-bike di awal tahun depan
dengan banderol harga mulai 2.000 Euro (sekitar Rp23,832 juta).
(MI/ICH) harry potter and the deathly hallows part 2 reviews|atlanta braves|atlantic beach nc|desert|elizabeth warren
lagi didominasi oleh kendaraan bermotor. Sebuah perusahaan bernama
Fallbrook Technologies telah meluncurkan transmisi otomatis untuk
sepeda. Hal ini bermula ketika mereka meluncurkan sistem transmisi
sepeda jenis baru yang dinamai NuVinci Continuously Variable Planetary
(CVP) N170 pada 2007 lalu. Tidak seperti pada transmisi
sepeda pada umumnya yang menganut sistem gigi derailleur, transmisi sistem gigi planet ini
terinstalasi pada bagian hub roda belakang sepeda yang disekat agar kotaran, debu dan bahan
pencemar lainnya tidak bisa masuk. Sistem transmisi gigi
planet ini menawarkan kemampuan mengubah rasio gigi, meskipun saat
sepeda tidak dijalankan. Sistem ini terus dikembangkan hingga pada
tahun lalu Fallbrook Technologies memperkenalkan model NuVinci N360.
Transmisi baru ini lebih kecil dang ringan dibanding model
N170 ditambah dengan penyajian rentang rasio yang lebih lebar. Dari
NuVinci N360 kemudian dikembangkan dan lahirlah transmisi baru yang
lebih canggih yang baru dirilis tahun ini yaitu NNuVinci Harmony.
NuVinci Harmony merupakan transmisi versi otomatis dari N360
yang dikembangkan secara khusus pada e-bike (sepeda listrik) yang
menggunakan sistem tegangan 12-48 volt. Transmisi ini secara otomatis
mengatur rasio untuk menjaga irama yang disukai oleh pengayuhnya.
Jika Anda mendaki sebuah bukit, transmisi akan bergeser ke
rasio yang lebih rendah sehingga tidak ada kesulitan lagi untuk
mengayuh pedal, layaknya seperti saat di jalan datar. Sistem
transmisi ini memiliki dua pengontrol yang terpasang di setang kemudi.
Base Controller memungkinkan pengendara memilih tiga kecepatan irama
yang terjaga secara otomatis dengan menekan sebuah tombol.
Pada dasarnya ini sudah menjadi setingan pabrik yang pada
dasarnya hanya terdiri dari tiga irama pilihan yang terdiri dari
pilihan cepat, sedang atau lambat. Sedangkan pada pengontrol kedua
yaitu Advance Controller, para pengguna dapat menemukan irama yang
tepat yang benar-benar mereka sukai dan memerintahkan sistem untuk
menjaganya. Jika para pengendara menginginkan, mereka bisa
mengganti mode transmisi ini menjadi mode manual dan memilih rasio
yang mereka inginkan. Ini serupa dengan transmisi otomatis pada mobil
generasi terkini yang memiliki juga mode manual. Perangkat
yang dikemas dalam bentuk hub roda belakang ini sendiri memiliki bobot 250 gram, dan memiliki
sistem quick-release attachment agar mudah melepas pasang roda dan
NuVinci Harmony CVP mulai digunakan pada e-bike di awal tahun depan
dengan banderol harga mulai 2.000 Euro (sekitar Rp23,832 juta).
(MI/ICH) harry potter and the deathly hallows part 2 reviews|atlanta braves|atlantic beach nc|desert|elizabeth warren
No comments:
Post a Comment